E-Ticket Cara Mendapatkan dan Cara Menggunakannya

Jika Anda sering atau minimal pernah menggunakan jasa transportasi umum Busway-nya Transjakarta, Anda pasti pernah juga melihat poster kampanye penggunaan e-Ticketing seperti gambar di atas yang dapat Anda temui di hampir semua halte busway Transjakarta.

Saat ini, tidak hanya pihak Transjakarta saja yang gencar mengkampanyekan penggunaan e-Ticketing tersebut. Pihak PT.KAI pun telah melakukan hal sama dan telah diterapkan sejak Bulan Juli 2014 lalu. Bahkan e-Ticketing tersebut oleh pihak KAI telah pula diterapkan pada fasilitas parkir di stasiun-stasiun yang menyediakan parkir kendaraan bagi para pengguna Commuterline se-JABODETABEK yang ingin melanjutkan perjalanannya dengan kereta api (Commuterline).

Apa sebenarnya e-Ticketing itu? Bagaimana cara mendapatkan dan cara menggunakannya? Apa saja keuntungan atau kelebihan menggunakan e-Ticketing tersebut?

Berikut saya rangkumkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan di atas berdasarkan pengalaman pribadi dengan beberapa tambahan informasi yang saya olah dari berbagai sumber:

Apa itu e-Ticket?
Secara sederhana e-Ticket merupakan singkatan dari Electronic Ticket (Tiket Elektronik) yang di dalamnya berisi semacam chip elektronik yang dapat menyimpan data jumlah saldo uang elektronik (e-money). Saldo uang elektronik yang tersimpan di dalam e-Ticket tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi/pembayaran pada merchant-merchant yang telah melakukan kerjasama dengan pihak penyedia layanan publik (massal).

Penyedia layanan dimaksud bisa berupa supermarket/minimarket, penyedia alat transportasi massal seperti bus atau kereta api, dll. Untuk wilayah Jakarta & Jabodetabek, saat ini penyedia transportasi massal yang telah menggunakan sistem e-Ticketing ini adalah PT.KAI (Kereta Api Indonesia) dengan Commuterline-nya & Busway Transjakarta. Sebagai catatan, beberapa kota lain di Indonesia (selain Jakarta dan sekitarnya) mulai menerapkan penggunaan sistem yang sama untuk fasilitas transportasi massalnya.

Dimana & Bagaimana Cara Mendapatkan e-Ticket?
Untuk saat ini sudah tidak sulit lagi mendapatkan Kartu e-Ticket ini.
Bagi para pengguna Busway Transjakarta tinggal membeli Kartu Perdana berikut saldo awalnya di hampir seluruh terminal dan halte Busway Transjakarta. Di masa awal ujicoba e-Ticketing Transjakarta dahulu memang baru menggunakan 1 jenis kartu yaitu Jakcard yang dikeluarkan oleh Bank DKI. Tapi sekarang sudah ada beberapa Bank besar yang turut mendukung & telah menerbitkan Kartu Uang Elektronik ini. 

Bahkan e-Ticket yang diterbitkan oleh Bank-Bank besar ini tidak hanya dapat digunakan untuk membayar ticket busway Transjakarta saja, tapi juga bisa dipakai berbelanja di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan mereka. Bank-Bank tersebut yaitu; Bank BCA (Flazz Card), Bank Mandiri (e-money), Bank BNI (Tap Cash), Bank BRI (Brizzi), dan tentu saja Bank DKI (Jakcard).

Kesuksesan Transjakarta dalam menerapkan sistem e-Ticketing ini pun diikuti oleh PT.KAI dengan menerbitkan Kartu Commet bagi para pengguna Commuterline (KRL Jabodetabek). Sama dengan Transjakarta, awalnya PT.KAI baru menggunakan kartu Commet (Single Trip berjaminan & Multi Trip Berlangganan) dalam sistem e-Ticketing mereka. Namun kini mereka pun telah mengintegrasikan sistem e-Ticketing Commuterline mereka dengan Bank-Bank besar seperti yang telah diterapkan oleh pihak Transjakarta. Bahkan merekapun telah menerapkan pula sistem e-Ticketing ini dalam pengelolaan parkir di stasiun-stasiun KA se-Jabodetabek. Untuk informasi kartu Commet Commuterline PT.KAI bisa anda dapatkan informasinya melalui link berikut: http://www.krl.co.id/thb-dan-kmt.html.

Sehingga saat ini satu kartu e-Ticket terbitan Bank-Bank besar yang saya sebutkan di atas telah dapat digunakan dimanapun, yaitu ditempat-tempat yang bertanda atau berlogo Kartu e-Ticket yang telah bekerjasama dengan e-money Bank-Bank tersebut, tentu saja selama saldo e-Ticket anda masih mencukupi....  :)

Selain melalui terminal/halte busway Transjakarta & Stasiun Kereta Api Jabodetabek, untuk mendapatkan Kartu Perdana e-money sebagai fasilitas e-Ticket andapun dapat membelinya dengan datang langsung ke Bank-Bank penerbit kartu e-money seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya.

Bagaimana Cara Mengisi Ulang Saldo e-Ticket?

Cara isi ulang e-ticket e-money Bank
Saat pertama kali membeli Kartu Perdana e-money terbitan Bank, biasanya sudah termasuk dengan saldo sebesar Rp.20.000,-. Harga kartu perdana tersebut saat di awal promosi adalah Rp.20.000,-, artinya anda hanya perlu membayar sebesar minimal saldo saja dan kartunya gratis. Namun setelah masa promosi habis, sekarang harganya bervariasi antara Rp.30.000,- sampai dengan Rp.40.000,-. Saldo minimal untuk pembelian isi ulang e-money terbitan Bank maupun terbitan Transjakarta & PT.KAI adalah Rp.20.000,- (dua puluh ribu rupiah).

Berdasarkan pengalaman saya, saat ini di terminal/halte busway Transjakarta Harga Kartu Perdana e-money terbitan Bank dihargai Rp.40.000,- (sudah termasuk saldo e-money Rp.20.000,-) & di stasiun-stasiun Kereta Api Jabodetabek dihargai Rp.50.000,- (sudah termasuk saldo e-money Rp.30.000,-). Namun jika anda beruntung anda akan mendapatkan penawaran dari sales/marketing e-money dari Bank yang banyak berkeliaran berupa kartu e-money kosong terbitan Bank yang siap diisi ulang yang dihargai Rp.10.000,- saja. Kartu kosong tersebut bisa segera anda isi ulang dengan saldo Rp.20.000,-, sehingga total anda membeli Kartu Perdana+Saldo e-money sebesar Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah) saja!

Selain melalui halte busway Transjakarta & Stasiun-stasiun KA Jabodetabek, anda pun dapat mengisi ulang kartu e-money anda melalui ATM Bank penerbit kartu-kartu tersebut. Tapi memang tidak semua ATM dapat melakukan isi ulang e-money dimaksud, hanya ATM yang memiliki tanda khusus dan telah memiliki fasilitas tap isi ulang e-money itu. Jadi, untuk memudahkan isi ulang e-money/e-ticket anda melalui ATM Bank sebaiknya anda menyesuaikan dengan Bank dimana anda memiliki rekening.

Bagaimana Cara Menggunakan e-Ticket?
Cara menggunakan e-ticket sangat mudah. Ditempat bertanda khusus (biasanya ada logo/gambar kartu dan gambar seperti sinyal wi-fi) anda tinggal menempelkan bagian belakang kartu di pintu masuk terminal/halte, stasiun, atau pada fasilitas tap ditempat-tempat belanja tertentu bertanda khusus pula. Jika anda kurang paham, ada petugas khusus disana yang siap membantu anda :)


Cara Mudah Mengecek Saldo e-Ticket
Untuk mengecek saldo e-ticket anda, carilah benda seperti gambar di bawah ini di terminal/halte busway Transjakarta atau di stasiun Kereta Api se-Jabodetabek. Tempelkan bagian bawah kartu pada lat tap di mesin cek saldo tersebut. Jreng....maka layar di alat tersebut akan menunjukkan saldo yang ada dalam e-Ticket/e-money anda!
Cara cek saldo e-ticket busway dan commuterline
Semoga Bermanfaat!


27 komentar:

  1. mau tanya gan..? Kalau beli e ticketnya pakai uang tunai atau harus lewat rekening bank?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Uang tunai tanpa perlu jadi nasabah

      Hapus
  2. Lagi ada promo apa engga ya gan untuk emonay bulan april ini?
    kalo indomaret atau alfa kira2 ada promo ga ya harganya?

    BalasHapus
  3. bank aku mau tanya, kalo misalkan e-ticket aku udah gk pake lagi, karna udah gk naik kereta, trus mau ngembaliin, apakah saldo yang ada di dalamnya dan uang pembelian ticket aku bakal di kembaliin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kartunya belum rusak dan masih ada saldonya maka bisa mengajukan penutupan/redemption, dengan dibebeankan biaya administrasi penutupan yang besarnya tergantung kebijakan masing-masing bank penerbit. Sama saja dengan kalau kita mau tutup rekening tabungan lah kira-kira.

      Hapus
  4. Balasan
    1. sama-sama mbak, terima kasih sudah berkunjung... :)

      Hapus
  5. Setelah membi e ticket harus di aktivasi apa langsung bisa digunakan ?

    BalasHapus
  6. Setelah membi e ticket harus di aktivasi apa langsung bisa digunakan ?

    BalasHapus
  7. apakah saldo e ticket ini ada masa berlakunya? maksudnya, apakah dalam jangka waktu tertentu akan hangus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada penerbit yang menerapkan masa berlaku (setahun, kalo gasalah Brizzi), ada juga yang gaada masa berlakunya macam mandiri e-money ama flazz...

      CMIIW :)

      Hapus
  8. penerapan e-money emang salah satu inovasi yang sangat baik menurut ane, karena membuat transaksi lebih cepat n efisien...

    Tapi sayangnya masih banyak yang belom familier, dan kadang malah menganggap cuma bisa dipakai di TransJakarta doang, padahal bisa buat macem-macem, misal belanja di minimarket... Kalau habis juga bisa diisi kok pake uang cash...

    kalo misal pingin tahu bisa dipakai buat apa aja, bisa baca-baca di blog ane: http://technoconomics.blogspot.com/2016/12/uang-tunai-so-yesterday-sekarang.html :)

    maap sekalian numpang promo blog hehehe :D

    BalasHapus
  9. Beli perdana e money di mna ya min, sya nyari ke alfa & indomart koq pada gk ada ya
    thsnk's

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya Indomaret ada kok, tanya aja punya stok Indomaret Card (aslinya mandiri e-money cuma direbrand jadi Indomaret Card) ga... Harganya 20ribu + wajib topup sebesar 50ribu

      Hapus
  10. @Unknow: Gak perlu aktivasi lagi gan, bisa langsung dipakai asalkan saldonya cukup... :)

    BalasHapus
  11. Sorry mw ty, klw flazz yg trdpt d CC BCA apa bs jg d gun? Trs cr aktivasiny sm kah, dgn hy menempelkn pd msn mrh itu? Thq

    BalasHapus
  12. di halte jakarta kota bisa gak sih beli e-ticket gitu ????
    baru awal mau nyoba soal nya

    BalasHapus
  13. Infonya Sangat membantu. Terima kasih

    BalasHapus
  14. Di halte stasiun cawang apa bisa beli e-ticketnya nggak?

    BalasHapus
  15. Gan, kalo ane beli E-Ticket di halte nanti di suruh milih gak mau kartu E-money, Flazz, Dll. ????? Atau nanti di kasih Random sama loketnya????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Random sesuai persediaan disana

      Hapus
  16. Gan, kalo ane beli E-Ticket di halte nanti di suruh milih gak mau kartu E-money, Flazz, Dll. ????? Atau nanti di kasih Random sama loketnya????

    BalasHapus
  17. Gan beli e-ticket apakah harus Jadi nasabah bank atau sejenisnya?Dan kalau langsung bayar apakah bisa?

    BalasHapus
  18. Gan mau nanya dong, kalo bikin tiket untuk yang busway bisa dipakai untuk tiket kereta juga atau gak ya gan?
    Gitu juga sebaliknya

    BalasHapus
  19. Mau nanya gan E ticket bisa untuk bus apa aja ya!

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan dan komentar Anda di sini. Terima kasih atas Kunjungan Anda di blog saya. Salam!